Langsung ke konten utama

Unfortunately, I was ABSENT

    LANGUAGE FESTIVAL adalah Acara terbesar dari sebuah organisasi LIS(language improvement section) di PPMI Assalaam. Terdiri dari berbagai macam lomba yang berpotensi tinggi buat meningkatkan skill berbahasa asing, terkhusus bahasa Arab dan Inggris. Kok dua bahasa aja? Please, gue bukan yang Muhammad Al-Fatih yang bisa berbagai bahasa di usia remaja. Nggak tau siapa dia? The Conqueror. Silahkan googling aja dah. Acara ini diadakan setahun sekali, yakni pada semester 2. Tepatnya pada tanggal 13 Februari 2020.Dengan bertajuk tema: "Bringing back the lost crown", acara ini kami harap bisa jadi wadah buat berkarya, berekspresi, dan melatih mental berbahasa dalam diri. Cabang lombanya macem-macem. Ada khitobah mimbariah(speech), qishatul arabiyah(story telling), Idol(arabic & english), debate, puisi(arabic & english), calligraphy and khat, movie dubbing, poster, video maker, LCC, Drama, MC Competition, Master Language, and Top general winner of the year. Pokoknya seru aja sih. 

(1.1) Background LF 2020

     Btw, ada juga favorite winner yang menang berdasarkan kekompakkan serta kepatuhan mereka terhadap para panitia. Well, acara ini diikuti oleh setiap kelas. Tapi jangan kira yang menang justru kelas tertinggi yaa. Cause we look at your skill in this competition. Meski lu lebih tua, jangan harap bisa menang dengan mudah. It doesn't matter how small your body as you donot stop. Kami buat acara seperti ini bukan berarti nggak adil. Justru buat adek kelas biar semangat ngalahin kakak kelas. Haha. Seru tau liat kakak kelas yang mukanya suram amat gegara kalah ama adek kelas. Ini sama kayak gue dulu. Gue dulu pas belom jadi pengurus OP3MIA (organisasi pelajar pondok pesantren modern islam assalaam). Buat yang gak tau itu sama aja dah kayak OSIS. Gue jadinya ikut lomba khitobah mimbariah. Pidato pake bahasa arab. So, gue ngapalin dah tu teks pidato judulnya: ماهي السعادة الحقيقية. Artinya apa itu kebahagiaan sejati?Asiaappp....bahasanya mudah, gak terlalu sulit bacanya, ada banyak pepatah arab yang unik, dan pastinya mengena di jiwa. Kalo lu mau tau gue latihan kayak apa. Wah jangan tanya, setiap saat gue latihan, bro. Ya, gila banget gue dulu. Waktu latihan gue biasanya siang pas orang pada istirahat dan tidur, gue teriak-teriak dah tu di tempat jemuran. Kok disana? Ya iyalahhh, sepi dan tenang. Penuh kesunyian. Gak ada yang bisa ngetawain gue. (sebenernya gue risih sih di sono, gimana enggak risih. Situ banyak celana dalem bergelantungan). Mana bau banget deket kamar mandi. Banyak jemuran yang tergantung happily ever after disitu. Menggelantung ria dengan bakteri bertumbuhan saking yang entah lamanya dibiarkan tergolek manja. Tapi ya apa hendak dikata, disitulah gue mengasah kemampuan gue secara maksimal. Berminggu-minggu gue tak bosan melihat banyak kelelawar di siang bolong. Jangan kira gue doyan. Ogah. Sampe tiba masanya tuk unjuk hasil latihan gue di taman kelelawar. Gue yakin bisa menang sih. 2000%. Cause i see that another participant didn't prepare themselve as well as me. Sombong banget gue waktu itu. Well, gue ngerasa kalo sombong itu boleh asal ada yang bisa disombongin. 
       Nyatanya gue malah kena batunya di kompetisi ini. Okey skip aja. Pas nama gue disebut MC buat maju ke depan, gue santai maju. Pertama gue agak grogi. Tapi satu hal yang perlu lu ketahui bahwa grogi itu normal  guys. Serius dah gue. Karena kalo lu ngomong depan orang banyak tanpa babibu nyerocos sana- sini kayak elo napas. That's wrong. Kenapa? Gue belajar dari Pandji Pragiwaksono yang sukses berbicara di dunia internasional dengan tema "Mesakke Bangsaku". Menceritakan kesalahan-kesalahan Indonesia dengan comedy sebagai sarana supaya orang menerima dan mau mengerti bagaimana nasib Indonesia dan kepada siapa lagi bangsa ini bergantung kalo bukan sama rakyatnya. Well, beliau bilang gini, "seandainya anda sudah melepaskan diri dari belenggu grogi, maka yang anda harus lakukan adalah memunculkannya kembali." Artinya apa? Ada yang mesti dicemaskan. Kata-kata ialah pedang bermata dua guys. Hati-hatilah terhadapnya. Gue melakukan kesalahan terbesar dalam pidato gue karena.... Gue lupa melakukan penghormatan kepada juri!!!! Silahkan hujat kebodohan gue. How stupid me. Kesalahan kecil. Fatal jadinya. Gue terlalu pede.               Terkadang terlalu pede itu gak baik ya. Terlalu grogi juga gak baik. Setengah-setengah. Tapi gue gak langsung down kali. Gue sadar hal itu pas udah masuk ke isi pidato gue. But, i have to be awesome here. Maka tetep aja gue jalani alurnya, gestur, mimik, intonasi, tetap gue perhatikan. Akhirnya pas penutupan acara sekaligus pengumuman para juara, gue juara 3 guys. Sakit banget gue. Kalian tau kenapa? Gue kalah sama adek kelas woyyy... Bedebah sakali itu juri! Kelas 7 mts pula dia. Waduhhh, muka gue mau taruh dimana coba? Tapi menurut gue dia gak layak juara adalah.... Ah pokoknya jelek kali pidatonya. Sering ketawa sendiri padahal gak lucu lah, gagap pisan lah, keringetanlah, linglung, bukan main hebatnya ini anak. Cuma semenit doang lagi dia pidato. Lah gua? Temen-temen gue sih pada protes gak terima kawannya kalah gitu aja. Well, sometime dunia perlombaan itu kejam. Meski keliatan gak adil, keputusan juri adalah mutlak. No comment. Sampe akhirnya gue sadar bahwa juri memenangkan itu gegara pemakluman dan apresiasi kepada murid baru yang masih kelas 7 mts udah berani maju ke depan. It's okey kawan. Yang penting gue tahu sebenarnya yang menang itu gue. Bahkan ternyata jurinya kagak sadar kalo gue gak melakukan penghormatan kepada juri. Tak apalah. Ini ganjaran kalo kita gak boleh sombong. Sebab kesombongan adalah jubah kebesaran tuhan, kita sama sekali tak pantas mengenakannya. Sekecil apapun kesombongan itu, kita gak bakal maju karenanya. Tak akan ada keniscayaan didalamnya. Yahhh... Itu tadi kita flashback bentar aja sih. Oke, banyak nilai positif yang dapat diambil dah. Dan tentu saja pengalaman yang hebat. Berapa lama acara tersebut di laksanakan? 
             Seminggukah??? I don't know guys... Karena gue gak ada di @assalaamsolo saat itu karena... Bisalah tanya sama mereka yang sudah kutandai(capek woy ngetag kalian)... But i see that all of you so tired in this festival, right

(1.2) All of the committees

(1.3)Gue MC ama haykal

Gue jatuh sakit. Awalnya sih biasa aja, cuman demam dikit ama pusing. Trus tiba-tiba gue batuk pilek pula. Badan gemeter lemes. Mager level dewa. Sampe akhirnya aku dirawat di RS JIH Solo. Lucu banget namanya sumpah. JIH(jogja internasional hospital) tapi entah kok bisa di solo. Kenapa namanya gak diganti jadi SIH? Gue disitu selama seminggu. Makasih buat Faris bayek(bahasa jawa: bayi,  muke die emang kaya bayi) dan Arun yang udah nemenin gue. Oiya gelombang kedua yang jengukin gue adalah Sayyaf Althof Syahid Rabbany(gue udah gak kebalik lagi ama namanya) sama Bayu. Syukron jazilan buat jengukan lu yang pada krik-krik scroll megang hp  -_-. I proud of it. Hahahaha.  Terus gue disuruh istirahat di rumah seminggu. Total gue libur 2 minggu. Libur semesteran itu mah. Tapi sumpah gak enak banget di RS. Makanannya bergizi tak berasa. Minuman bermineral tapi hambar. Huft, keluar pake kursi roda plus ditemani ama perawatnya. Hey, meski gue sakit masih bisa jalan sendiri woyyy...tapi diagnosis dokter menyatakan bahwa gue antara thypus ama DBD. Waduuu, bingung? Sama gue juga. Terus gue disuruh ronsen dada karena batuk gue makin parah. Alhasil gue kena bronkitis. Meski belum akut ngeri gak sih dengernya? Ibu dokter langsung tanya kalo gue ngerokok apa kagak. Gue bilang enggaklah yaaawww. Amit-amit gue ngerokok. Nyium aja gak suka. Ehhh, si ibu dokter kagak percaya dan nyuruh gue test urine??!! What the hell?! Tapi gue nurut manut ama itu dokter trus hasilnya urine gue sehat, bersih, agak kuning, dan berbau pesing. Sumpah, untuk kali itu gue bangga sama urine gue.(sorry gue cerita urine)🙏
   

(1.4) Kesibukan para panitia LF

          I'm so sorry in this situation. Saat kalian pening seribu tujuh kali tujuh koma setengah kali seperdualima akar tiga, bisa-bisanya aku tergolek lemah(posthink bae lahh ya). Ini emang acara nya bagian اللغة tapi bagian lain juga pada bantu saling bahu-membahu demi memberantas semua ketidakbisaan  berbahasa asing. Eit... Ralat, bahasa arab dan Inggris. Soalnya kan kita udah kagak asing dengernya di pondok,  so that's not foreign okey. 
Separah-parahnya panitia mungkin gue sih ya, selama acara kagak ada, udah ditunjuk jadi judge(juri) tiga lomba ehhh...suddenly, ngilang. Pusing betul itu ketua panitia nyaa... Ya gak bro @nayif_zyn? :) Untungnya acara berjalan dengan baik dengan juara umum dan favorit buat:           فصل  الثالث.  Syukron buat semangat kalian. Pak ketua juga kayaknya ngegantiin tugasku kayak biasa... Nge-MC( xiexie,   pak @syariefbintang) 
H-1...aku dateng watados-_-!!!! 
Malemnya penutupan, wadidaw nggak ada kerja dah aku... Jadi yaaa, as you see in picture. Gue jadi MC lagi buat acara penutupan Language Festival.  Ama rekan sejak jaman batu:@haikhalfazad mulu. Oiya lupa ama mas editor(atau operator? Ah maklum kagak masuk trus aku) terbaek... @irfan_triple_a sama @nauvalteaz serta babang @muhferln.



            Kembali kita syukuri ajalah, soalnya gak di cancel ama ni @covid19updated (corona virus disease 2019) yang sudah ditetapkan sebagai wadah pandemik dunia internasional. 

Jadi, ini ajang mengenang aja. Sebenarnya kenangan terbaik ada dalam benak masing-masing panitia waktu itu sih. Foto mah cuma sebagai visualisasi kepada mereka yang butuh penggambaran sejelas-jelasnya yang dalam tempo hari juga bakal lupa. Menggelanyut dikit di kepala, buyar seketika. Tertanam sejenak,  raib umbinya. Tak berasa, tak bersisa. (waduh kok jadi puitis) 
Ojeh,  akhirul kalam,Matur suksma.... Mantap boi!    =) =) مع النجاح 

Komentar

  1. Makasih buat mereka yang berbaik hati mengurus event tersebut. Hamasah trus yaa!

    BalasHapus
  2. Please, humorku anjlok di part tempat jemuran lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahha... Thanks for it kak, nantikan karya berikutnya😂

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seru!!! Pulang Bersama Konsulat PPMI Assalaam

          Ribetkah? Sebagai aku @arifrahmanfahasbu? Jawabannya iya. Banget malahan. Terutama kami yang " nyantri "  di @assalaamsolo harus pulang dengan mempersiapkan sebaik-baik rencana dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Apalagi dengan segudang persyaratan buat perpulangan. Harus pakai konsulatlah jikalau tak dijemput orang tua. Gak boleh keluar kompleklah. Kita bahkan harus nge-cancel semua yang sudah kita persiapkan jauh-jauh hari sebab si @corona.virus.inf0( corona virus disease 2019 )       Tapi setidaknya ada yang patut disyukuri. Entah hanya aku yang merasa, tapi biarlah kubagikan sedikit kesyukuran dibalik apa yang kualami. Come on ... cause of that , kami yang dari Konsulat Sumatera bisa perpulangan bareng. Ah alay, gitu doang... Memang cuy, tapi aku bersyukur bisa bareng gini. Ada kejadian menarik tadi saat di bandara. Seseorang perempuan membawa bola kesayangannya hanya untuk bisa dimainkan saat di rumahnya, Bengkulu . Aku sempet mikir ini cewe ngapain

Romansa Imaginer

       Bilamana kita menapaki masa remaja. Tak kunjung sampai ke sebuah titik pola pikir yang matang. Kosa kata ini muncul bak matahari terbit di ufuk timur. Amat menawan. Menjanjikan harapan dan janji masa depan cemerlang. Kala kita sekali saja memandang. Tak kunjung bosan dan enggan sekali memalingkan diri sejenak. Saat itulah kita berada dalam dimensi yang statistika teratur tak lagi tampak. Konfigurasi tanpa objek dan sasaran. Membumihanguskan nalar dan kelogisan. Hingga tak sadar saat teriknya mulai terasa. Mengambil alih kesadaran. Dengan durasi waktu yang tidak sedikit. Kurun waktu jangka panjang. Boleh jadi takkan  pernah sadar. Begitu bengis dan biadabnya. Ialah "cinta".           Lain halnya jika kita lebih bijak memilah dan  mengatur secara akurat, menuju matahari yang agaknya condong di ufuk barat. Hingga kita lebih dari sekedar takjub. Memandangnya adalah ketenangan. Menghapus penat tak terperikan. Sajian tepat menuju malam yang panjang. Mengalihkan luka yan

Rangkap Tiga jadi Satu (Alkuna—Alkana)

       Hanya anggapan semata jika tak terlalu paham manakala dunia begitu indah berputar. Semuanya musti dan pasti berubah. Karena sang hukum semesta pertama tak akan pernah bisa singgah. Sejenak pun mana peduli dengan sekitarnya. Sedetik pun mana sudi menolehkan pandang. Ialah waktu, yang dengan namanya Tuhan bersumpah. Betapa rugi mereka yang tak benar paham, menyertai waktu adalah harapan. Badai pasti berlalu, karena waktu tak kenal lelah berjalan. Hujan segera reda, sebab waktu tak pernah mengenal kata usai. Ketahuilah, boleh jadi satu-satunya hal yang takkan musnah di semesta ini adalah waktu. Bagaimanalah, sebab amat mustahil ia musnah dan tiada. Bagaimana kehidupan akan berjalan setelahnya. Bagi kalian yang percaya bahwa ada kehidupan setelah kematian, waktu tak benar-benar lenyap. Membingungkan bukan? Mau tak mau ia harus tetap ada. Keberlanjutannya must be exist.          Diantara banyaknya corak di dunia ini, gue adalah salah satu titik kecil. Berada dalamnya, terlibat ol